Thursday, April 17, 2008

Kare Bangladesh (Care Bangladesh)


Aku bikin kare ini ketika aku di Australia mengikuti suami yang sedang study (dapat beasiswa), waktu itu aku bosan masakan Indonesia yang hanya daging, ayam saja. Ada sih ikan segar tapi muuahal. Dan yang tinggal serumah sama aku dan suamiku diantaranya orang Bangladesh dan Aceh. Kemudian aku diajari deh cara masak Curry Bangladesh. Tapi nggak tahu di Indonesia tersedia bumbunya atau nggak. Bumbunya serba bubuk, rasanya muuuaaaaknyus!!! Pak Bondan boleh nyoba resep ini lho... masukkan ke wisata kuliner ya.. he...he...he...


Bahan:
1 kg daging (1 kg beef)
3 butir (medium) bombay (3 onions)
1 sdt bawang putih (1 tea spoon garlic)
1 1/2 sdm jahe (1,5 spoon ginger)
1 sdt ketumbar (1 tea spoon coriander)
1/2 sdt kunyit (1/2 tea spoon thurmeric)
1 sdt chili (1 tea spoon chilli)
1 sdt cumin powder (1 tea spoon cumin powder)
1/2 sdt garam masala (1/2 tea spoon garam masala)
2 butir cardamon (2 cardamon)
2 lb leaves (semacam daun salam)
3 batang tipis kayu manis (3 trunk cinnamon)
1 butir besar tomat (1 big tomatoes)
1,5 sdt garam (1,5 tea spoon salt)
1/4 ltr minyak (1/4 litre oil)

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, masukkan leaves, kayu manis dan sedikit bombay untuk pengharum.
2. Setelah itu masukkan semua bumbu kecuali tomat, tumis hingga harum.
3. Masukkan daging, aduk hingga rata. Masak hingga 45 menit lalu masukkan tomat (boleh ditambah dengan kentang. Tunggu sampai daging udah bener-bener empuk. Mmmmm..